Kehilangan Keresahan


Ada jeda cukup lama ketika jari akhirnya menekan tuts keyboard. Layar laptop hampir sepenuhnya berwarna putih. Kursor terus berkedip. Mau ngepost apa ya? mana ideku? Masa kegelisahanku? Hadehh~ 

Lama gak buka blog membuat semua yang berkaitan dengan blog juga hilang. Blogwalking, draf, sampai keresahan.
Kayaknya ada kaitannya deh dengan rutinitas dan apa yang lagi aku kerjakan. Nyusun tesis, baca jurnal, drama bimbingan udah cukup menguras pikiran. Ini kalau pikiran kaya kolam, udah kering kali bolak balik terkuras. 


Ketika udah lelah nesis, masa iya pelariannya mau ngeblog. Ketemu word lagi dong. Ngetik lagi dong. Pikiran yang aneh memang buat orang yang pernah ngaku seneng ngeblog. Wqwqwq. Akhirnya geser dengan buka sosmed. Akhirnya lama gak ngeblog. Akhirnya semua manusia akan kembali ke rahmatullah.

Aku seolah kehilangan aku yang dulu. Kebiasaan maksudnya. Jangan drama deh. Kebiasaan dulu kayak tiap dapat ide langsung nulis di notes nanti dipindah ke word, edit, posting. Dulu yang tadinya sambil eeq bisa nemu ide, sekarang jadi gak. Eeq mah masih, Cuma beda soal apa yang dipikirkan. Beda beda tekstur juga yang dikeluarin, tergantung habis makan apa.

Kalau dipikir-pikir mungkin karena aku tumbuh. Bahan bacaan, rutinitas, lingkaran (circle) pertemanan yang berganti jadi penyebab. Tentu itu hipotesaku. Anjir terus nesis jadi kebawa berbau ilmiah. 

Yang dulunya jadi panutan dalam ngeblog pun bertumbuh. Baca buku terakhirnya Raditya Dika, Ubur-ubur Lembur, kerasa banget nga bisa sampai sengakak kaya buku-buku terdahulu. Dari Manusia Setengah Salmon sih udah berasa buku Raditya Dika beralih jadi buku renungan. Yang bisa dipetik pelajaran jadi makin banyak. Bisa nih jadi materi pelantikan OSIS nih, 'bayangkan kalau kamu pulang, di depan rumahmu....' 

Shitlicious, Poconggg, Benakribo atau dulu SPBU juga tumbuh. Alitt jadi youtuber dengan ulasan motor. Arif lagi asik traveling sama istrinya (kayaknya sih, nga pernah ngepoin). Bena udah gak kribo dan beralih jadi kompor anak muda buat nyiapin masa depan. Gak ada lagi haha hihi mereka bertiga dalam satu seminar kepenulisan.
Kalau dipikir-pikir beruntung juga aku alay bersama mereka.
((alay bersama mereka)) hhhhhh

Akhir-akhir ini lebih sering baca buku berbau ilmiah, jurnal penelitian, referensi. Ketemu circle pun yang dibicarakan juga mutar muter tugas akhir. Ya memang sih pas dulu cukup rajin ngeblog juga ngak ada circle yang suka ngeblog. Hhe hhe. Jadi alasan circle hanya untuk nambahin paragraf hehehe
Mungkin aku yang jadi suka kebawa. Kebawa males. Kebawa kasur. Kebawa nyimak memetwit.
Mungkin aku yang akhirnya kehilangan gaya nulis?
Ya elah, Tom, namanya kehilangan mah kalau memiliki. Dari dulu lo kan lagi tahap cari gaya nulis, belum sampai nemu. Eh malah udah hilang.

Dulu sempet pernah dibela-belain mindah notes-edit-post itu di kafe, sambil menyesap kopi. Berasa penulis beneran anjir. Sekarang mah boro-boro ke kafe, yha maklum sebagai anggota sobat kismin cabang Semarang. Masa mau ke kucingan (ankringan) bawa laptop sambil edit, ya bisa sih, tapi agak gak pas aja.
motretnya pake nokia X2 :(
Ini juga alasan tidak mendasar, dulu juga lebih sering cari ide di genteng kosan. Ini juga buat nambahin tulisan hhe hhe.

Draf di hape yang tadinya garis besar keresahan jadi berubah menjadi cara akses jurnal, password anggota perpus, daftar referensi yang perlu dicari, catatan bimbingan, ya gitu deh.

Makanya ketika baca komen Mas Edots di postingan ini, soal mana tulisan terbaru di tahun 2018, aku yo mak tratap gitu. Akhirnya buka-buka file moga-moga ada draft yang belum diposting. Eh ada, jadilah tulisan ini.
Yang bener-bener seger bener-bener tulisan baru 2018 ya gak ada. Ada sih, ini yang lagi kalian baca. Tapi ya sangat nirfaedah dan tidak ada intinya sama sekali.

Semua seolah kembali ke awal, pas awal mula bikin blog. Semua berasa kembali ke 7 tahun lalu. Anjir 7 tahun, blog aq udah masuk SD nih, terus sorenya sekolah arab.

Tapi ada kata terlambat kan. Iya ada lah, masa gak ada. Maksudnya gak mama lah ya telat untuk mulai dari awal lagi. Cari ide, cari bahan buat post, cari keresahan, cari gaya nulis yang dari dulu emang belum ketemu.

Tapi namanya memulai kembali emang rada sulit. Tiap lagi coba cari keresahan. Kayak pas mau ngetik postingan ini nih, selalu muncul suara, “yaelah masa gini doang diceritain. Masa blog lo isinya sampah gini. Inget umur udah gak pas cerita soal ginian.”
“Udah saatnya membawa blog lo ke arah yang lebih bermartabat.” Kampanye kali~
“Nulis tuh ya nyampein gagasan, bukan nulis apaan ini sampah”
Hadehh setan, blogku ya karepku to, Tan, setan

Mulai lagi juga soal bahan bacaan. Udah lupa terakhir beli buku fiksi sebelum akhirnya beli buku Ubur-ubur Lembur. Harus ke toko buku nih cari dedek-dedek gemas  buku yang asique asique. Harus mulai lagi juga isiin notes dengan keresahan. Notes harus kembali ke habitat aslinya. Yah namanya juga wacana. Paling habis ini post berikutnya juga bulan apa mbuh. wqwqwqwwq

Aku kayaknya kehilangan kegelisahan. Oh nga, mungin aku yang jadi hilang kepekaan dalam mengasah kegelisahan. 

sumur gambar: sini
Kehilangan Keresahan Reviewed by Tomi Azami on 09:31 Rating: 5

5 comments:

  1. Baiknya memang harus punya waktu yang diprioritaskan ya, Mas. Terlebih antara urusan kuliah misalnya sama ngeblog. Jadi biar nggak saling makan waktunya :)
    Semoga habis ngopi nggak gelisah lagi, Mas :D

    Atau mungkin butuh pergi ke suatu tempat yang kental dengan alam. Biar pikiran itu fresh kembali..

    ReplyDelete
  2. Asli ini curhatannya gw bangettt tapi bedanya ngegarap skripsi... wqwqwq

    ReplyDelete
  3. Anjir isinya dalem banget.. Sebenarnya ini masalah usia, semakin bertambahnya usia kepekaan manusia semakin berkurang. Tapi kreatifitas semakin brrtambah karena diasah. Radityadika yang dulu fimnya tentang cinta yang dibungkus komedi hingga sekarang yang mau tayang ini "Target" kedengerannya udah beda, judul lebih tegas, gua enggak promo, Udah beda banget kan. Terbukti kreatifitas semakin bertambah jika umur di iringi dengan jiwa mengasah. Dan kamu yang dulu isi blognya ringan santai dan penuh guyonan garing. Sekarang lebih berisi meskipun masih dengan kegaringan yang hakiki Hehe... menuju tua yang beda.

    ReplyDelete
  4. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete
  5. bosen kalah kalah aja..?? silahkan coba registrasi di bolavita
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa jadi jutawan
    buktikan sendiri no Hoax... ^^ sabung ayam live

    info lbh lanjut:

    WA: +628122222995
    BBM: BOLAVITA(NEW)

    ReplyDelete

mau main balik gimana wong alamatmu gak ada

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.