SE PICK-UP JUMATAN


 

Hari kedua rapat luar kantor bertepatan hari Jumat. Dijadwalkan rapat selesai sebelum Salat Jumat. Namun, belum juga selesai rapat dan waktu Salat Jumat masih lama, udah pada kasak-kusuk aja mau jumatan di mana. Dari pagi rapat tuh terbagi jadi dua, antara yang beneran bahas rapat, ini yang terlihat. Sama yang saling tanya “nanti jumatan di mana?” ini yang gak terlihat.


Tentang penentuan hari rapat yang nyenggol hari Jumat. Udah dipertimbangin di kantor saat rapat awal rencana mau ngadain rapat di luar. tapi kesepakatan bilang gak papa ya udah gas aja. Masa iya di daerah situ gak ada masjid. Bener juga alasannya.


Ada yang udah nanya ke petugas penginapan, katanya jika jarak penginapan ke masjid kurang lebih 800 meter. Pak Syamsul, salah satu tim rapat bilang, “ahh itu mah deket.”


Tapi aku gak begitu yakin, meski deket tetapi kan ini daerah gunung yang nanjak dan berliku. Bakalan lebih berat kalau jalan kaki di jalanan yang menanjak. Beda kalau jalan di Jalan Sesama, ketemunya malah Putri, Jabrik, Tantan, dan Momon.


Ada lagi yang ngasih opsi bikin jumatan sendiri di hotel. Tim kami ada 8 laki-laki dan tinggal ditambah petugas penginapan aja. Aku dah nawarin oke aku yang azan aja, paling gampang, teks azan juga ada di google. Tapi pada menolak menjadi imam dan khotib. Memang sih kata pendapatnya Syafiiyah minimal 40 orang dan warga sekitar. Tapi mazhab yang lain membolehkan. Kalau aku sendiri mah kembali ke prinsip Islam itu memudahkan, maka permudahlah jangan persulit, itu kata Rasul.


Jadi tambah bingung karena tidak ada akomodasi yang bersiap di hotel. Bus kampus dijadwalkan tiba jam 1 siang. Motor pun kepunyaan petugas hotel. Grab/Gocar? Jangan bercanda deh, ini kah pegunungan. Kalau kuda ada sih, bisa kali ya naik kuda, udah berasa pendekar aja.


Akhirnya ya udah, kami pun berjalan mencari masjid terdekat. Secara natural, rombongan kami terpecah menjadi dua, tim yang pipis dulu di penginapan dan tim yang duluan jalan. Aku tim pipis dulu. Lepas pipis dan mulai berjalan, aku berjalan bareng Pak Jati, Mas Rifqi, dan Mas Faiz. Sedang tim yang udah duluan ada Pak Beni, Pak Agus, Pak Syamsul, dan Pak Aris.


Mas Rifqi yang notabene akamsi, menduga masjid mah jauh ke arah atas alias naik lagi dari penginapan. “Jalannya pelan aja, Nunggu ada pick-up lewat juga. Terus mbonek.” Kata Mas Rifqi.


Eh beneran ada, dari arah bawah ada pick-up hitam yang melaju. Dari jauh kami udah memberikan tanda meminta tumpangan ke arah atas. Iya, dua bapak-bapak dan dua pemuda otw tua udah cosplay kaya anak remaja yang nyetop pick-up mencari tumpangan. Kami berempat naik dengan raut wajah gembira dan tertawa-tawa.


Agak panik pas Mas Rifqi bilang, “aku nyetop doang ya ini, gak bawa uang.” Aku menatap orang-orang yang udah di atas pick-up, lalu yakin gak ada yang membawa uang di saku masing-masing.


Pick-up pun langsung jalan. Selepas jalan, dari jauh udah kelihatan tim yang jalan duluan, udah dapat separoh jalan tuh wkwk. Kami Bersiap dengan beragam ledekan kepada mereka. Dengan kurang ajarnya kami bilang “monggoooooo.” Saat nyalip mereka.


Untungnya supirnya berhenti dan bapack bapack tim jalan dulu ikutan naik pick-up. 8 orang kembali berkumpul di atas pick-up.

“Udah berkeringat ini udah separo jalan. Asyem jebule jauh.” Kata pak syamsul.

“Tau gitu tadi bareng aja nyetop pick-up.” Imbuh Pak Agus.

 

*

Kami sampai depan masjid dengan gentle. Kami jumatan kayak biasanya. Gak usah diceritain lah, Dimana-mana jumatan ya sama aja. Bedanya ini airnya dingin bangat. Keramiknya juga dingin. Sikapmu apalagi.


Selepas jumatan kami berniat mbonek lagi. Masing-masing udah memakai sepatu dan mulai berjalan meninggalkan masjid menuju jalan raya.

“Pak Jati mana?” ucap Faiz saat kami berjalan bersama.

“Lah iya, tadi pinggirmu kan?” tanya Pak Agus kepadaku

“iya, tapi bangun duluan setelah salam.” Emang gitu tadi, solatnya mah sebelahan sama aku.


Pak Syamsul yang udah berjalan paling depan ngasal aja nyetop pick-up lagi. Dan berhasil

“Ayo cepeet.” Teriak Pak Syamsul.

Kami berlarian sambil tertawa tetapi pada bilang “Pak Jati mana…Pak Jati mana...” antara kehilangan tapi gak pada nyariin.

“Sunqta pak,” ucap Pak Syamsul kepada supir sesaat selepas kami sudah pada melompat ke pick-up.


Namanya usia ya, pada lompat naik pick-up ya gak selancar aku. Aku yang masih junior tersenyum simpul melihat para senior tidak selancar aku pas naik pick-up. "hhhmmm... rasakan itu orang tua." cuma mbatin doang, masa iya diomongin. Jiwa mbonek saat SMP ku kembali muncul dan menggebu-gebu saat melompat dengan keren ke atas pick-up


Di atas pick-up kalimatnya pada sama, “weh Pak Jati mana… Pak Jati mana…” sambil ketawa-tawa. Bingung tapi tertawa. Tapi diantara kami gak ada seorang pun yang menelpon Pak Jati. Beneran pada basa-basi doang. Aku sendiri HP nya tak tinggal di ruang rapat karena lagi di-charge.


Lepas turun, Pak Aris bertanya ke supir “pinten, pak?”

“mboten usah, pak.” Jawab pak supir. Wow, dapat tumpangan gratis lagi.

“Barakallah pak.” Ucap beberapa dari kami. Aku gak kayane karena lagi menikmati kekerenan habis turun lompat dari sisi samping.


Baru selepas sampai penginapan, ada yang bilang “Heh kasihan Pak Jati di mana, ditelpon heh.” Baru ada yang nelpon. Lah ngapain gak dari tadi pas baru keluar dari masjid yah. Dan setelah ditelpon, ternyata Pak Jati udah di penginapan. Jalan kaki, katanya.


Kami ketawa. Antara khawatir yang sia-sia, kasihan karena jalan kaki, dan seneng berangkat dan pulang jumatan naik pick-up gratis. Beneran udah mbonek aja.


Terima kasih kepada pak supir pick-up perjalanan berangkat ke masjid dan pulang dari masjid. Rezeki berkah pak. Meskipun kayanya bapak supir itu gak bakal baca blog ini, saya doakan lancar jaya kehidupan dunia akhiratnya, pak.


naik pick-up
dari kiri: Pak Aris, Faiz, Mas Rifqi, Martin Odegaard aku, Pak Syamsul


*

Kami berjalan Kembali ke ruang rapat. Aku menyeduh segelas teh hangat lalu duduk di pelataran ruang rapat. Mas Rifqi menyusul dengan membawa segelas teh dan camilan. Masih tertawa karena terus membahas peristiwa hari ini. Kalau kata Mas Rifqi mah, “niat baik bakalan ada jalan. Kita kan niatnya baik ya, mau jumatan, tapi jalan kaki kejauhan, eh pas iseng nyetop pick-up mau berhenti. Gratis lagi. Padahal aku gak bawa uang, asal nyetop aja. Hahaha.”


Bener juga. Bayangin kalau kami udah diem aja gak jumatan dengan alasan gak ada kendaraan, jauh, musafir, atau yang lainnya. Tapi kami udah berniat dan udah bergerak. Ada aja bantuan Allah, mana sambil ketawa-tawa lagi. Dapat hal baru yang sebenernya lama juga sih, naik pick-up. Kayaknya kalau tadi kita diem gak ngapa-ngapain ya gak bakalan dapat pengalaman baru rasa lama deh.

Kejadian ini jadi pemicu memanggil kembali ingatan masa sekolah. Ingatan langsung meluncur saat jaman SMP sering banget naik pick-up, atau duduk di atas angkot saat ke sekolah. Bagi bapak-bapak lain, bisa jadi ini tuh sebuah pengalaman baru. Nyatanya, mereka menceritakan peristiwa ini ke ibu-ibu yang masih pada duduk di pelataran ruang rapat sambil ketawa. Lalu ibu-ibunya pada ikutan tertawa. Sederhana tapi semua tertawa.


Ada ada saja kelakuan bapak-bapak yang kalau di rumah pada berwibawa tapi di luar rumah malah kaya anak sekolah yang mbonek pick-up. Mana pada excited lagi wkwk.

SE PICK-UP JUMATAN Reviewed by Tomi Azami on 11:00 Rating: 5

No comments:

mau main balik gimana wong alamatmu gak ada

All Rights Reserved by Tomi Azami © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTechno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tomi Azami. Powered by Blogger.